Pedang Tertajam Bukan Katana, Ternyata Inilah Pedang Paling Tajam di Dunia

Pedang yang tertajam bukanlah katana, melainkan Pedang Damaskus (Damascus Sword). Dan pedang Damaskus pernah digunakan oleh pemimpin Muslimin Salahuddin Al-Ayyubi.

Mudamudi.ID – Mungkin kebanyakan dari kita mengenal pedang yang paling tajam itu adalah Katana, dikemukakan oleh para ahli ilmu beladiri mereka berkata pedang paling tajam ialah katana dari jepang. Pedang tipe single-edge dan melengkung itu selain dipakai ninja, juga dibawa oleh kaum samurai untuk merepresentasikan status sosialnya.

Namun ternyata, berdasarkan penelitian berbasis ilmu metalurgi, pedang yang paling tajam bukanlah katana, melainkan Pedang Damaskus (Damascus Sword). Dan pedang Damaskus pernah digunakan oleh pemimpin Muslimin Salahuddin Al-Ayyubi pada Perang Salib III melawan tentara Kristen yang dipimpin Richard The Lionheart. Tak hanya pedangnya, helm dan baju zirah Salahuddin (lempengan logamnya) juga terbuat dari baja/logam Damaskus.

Pedang Damaskus via arrahmah.com
Pedang Damaskus via arrahmah.com

Pedang Damaskus ini sangat kuat tapi tetap fleksibel sehingga ujung pedangnya dapat ditekuk sampai gagang pedang. Pedang ini juga sangat tajam sehingga dapat memotong pedang eropa dengan mudah, memotong batu tanpa mengalami kerusakan sama sekali, bahkan dikatakan dapat memotong sehelai sutra yang sedang dijatuhkan ke tanah.

Beberapa peneliti sejarah mengklaim bahwa, baja Damaskus dibuat pertama kali di India dan kemudian berkembang sampai Suriah. Nama Damaskus sendiri diberikan oleh bangsa Barat yang terlibat Perang Salib dan menjumpai senjata kaum Muslimin yang berbahan baja Damaskus di kota Damaskus, Suriah.

Tinggalkan Balasan