10 Superhero Asli Indonesia

Kamu pasti tahu dengan superhero-superhero barat, iya kan? Namun, apa kamu tahu jika Indonesia memiliki deretan superhero yang enggak kalah keren? Simak deretan superhero-superhero asli Indonesia ini.

aquanus
Aquanus (News.olshops.org)

Ini adalah Aquanus. Diciptakan oleh Wid NS, karakter ini muncul tahun 1968 dalam komik yang berjudul Aquanus di Planet Vibhy. Karena terjadi peperangan di planetnya, putra angkat dari raja Sving yang merupakan ras Zyba melarikan diri dengan roket ke luar angkasa, dan mendarat di bumi. Disana, ia diasuh oleh keluarga pemburu paus, yang lambat laun menemukan jati dirinya sebagai sosok superhero bernama Aquanus.

godam
Godam (Paragraphworld.deviantart.com)

Godam juga salah satu karya dari Wid NS. Dia muncul dalam komik tahun 1969 berjudul Memburu Doktor Setan. Godam adalah manusia biasa yang bernama Awang, karena mempunyai sifat baik, dirinya dipercaya untuk memakai cincin sakti yang membuatnya berubah menjadi Godam, dengan kekuatan superhero seperti terbang dan kebal senjata apapun.

gundala
Gundala (Pinterest)

Masih di tahun yang sama, 1969, Gundala Putra Petir lahir. Mirip dengan cerita The Flash, Gundala adalah ilmuwan bernama Sancaka yang mendapat kekuatan dari raja petir bernama Kaisar Kronz. Selain bisa mengeluarkan petir, dirinya juga bisa berlari sangat cepat seperti kilat.

sembrani
Sembrani (Hai-online.com)

Sembrani adalah salah satu karya dari Hasmi di tahun 1974. Sembrani memiliki nama asli Tangguh, yang diberikan kalung khusus oleh seorang panglima perang luar angkasa. Kalung ini membuatnya menjadi superhero yang mampu menetralisir medan listrik maupun medan magnet, bahkan menetralisir racun. Dirinya juga bisa terbang.

caroq
Caroq (Pinterest)

Caroq adalah karakter yang diciptakan pada tahun 1992 oleh Ahmad Thoriq. Awalnya, ia adalah supir taksi yang mengalami suatu peristiwa, dan akhirnya memutuskan untuk menjadi pahlawan dalam menegakkan keadilan. Ya, mirip-mirip Punisher atau Daredevil begitu lah.

panji
Panji Manusia Milenium (Inilah.com)

Generasi 90-an pasti kenal dengannya. Ini adalah superhero asli Indonesia yang muncul kedua di layar kaca, setelah Saras 008. Panji mendapatkan kekuatannya dari gelang super buatan profesor, yang membuatnya tak terlihat (walaupun pada akhirnya dia bisa terlihat) serta kemampuan lain seperti memproyeksikan laser dari matanya.

saras
Saras 008 (Twitter)

Ini dia legendanya, superhero yang pertama muncul di layar kaca. Saras 008 nama aslinya adalah Saraswati, yang memiliki kekuatan super dari kucing kesayangannya yang telah mati. Dia mempunyai skill beladiri serta mampu megeluarkan sinar laser dari matanya.

zantoro
Zantoro (Forum.chip.co.id)

Agak sedikit berbeda, Zantoro adalah pahlawan yang berasal dari keluarga yang kurang harmonis. Dia hidup bersama sang ayah yang mempunyai keahlian membuat senjata tajam. Dengan keahliannya, dia menjadi superhero dan menghajar para penjahat yang melakukan tindak kejahatan.

mlarr
Mlaar (Duniaku.net)

Pangeran Mlaar juga salah satu karya Hasmi. Dia adalah anak putra mahkota planet Covox. Ayahnya dibunuh oleh menteri Telern dan Putri Kepala Perak, dan Mlaar dibawa lari oleh pamannya. Sang paman yang jenius, mengubah tubuh Mlaar menjadi elastis, yang menjadikannya seorang superhero.

volt
Volt (Ganlob.com)

Volt bisa dibilang masih muda. Komik karya Marcellino Lefrandt dan Aswin Siregar ini berkisah tentang anak bernama Ruben yang tak sengaja membangkitkan kekuatan putih, menjadikannya sosok Volt.

Tinggalkan Balasan