Peringati Hari Guru, Siswa Siswi di Jombang Sungkem dan Basuh Kaki Para Guru

Acara sungkem dan basuh kaki yang dilakukan para siswa ini sebagai bentuk penghormatan kepada para guru.

Hari Guru Nasional

Mudamudi.ID – Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengungkapkan rasa hormat di Hari Guru Nasional (HGN) yang jatuh setiap 25 November. Seperti yang dilakukan para siswa MA Assulaimaniyah di Desa Mojolegi, Kecamatan Mojowarno, Jombang, Jawa Timur.

Dalam momentum HGN ini, para siswa melakukan sungkem kepada para guru mereka. Selanjutnya, secara bergantian mereka membasuh kaki para pahlawan tanpa tanda jasa itu.

“Apa yang kami lakukan tidak seberapa dan ini tidak sepadan dengan apa yang sudah diberikan kepada kami,” ungkap salah satu siswa MA Assulaimaniyah, Devi Novitasari (16) kepada awak media, Jumat (25/11/2016).

Ia menambahkan, acara sungkem dan basuh kaki yang dilakukan para siswa ini sebagai bentuk penghormatan kepada para guru. Namun, hal itu tidak sebanding dengan ilmu dan bimbingan yang diberikan kepada siswa.

“Mungkin saat ini, hanya ini selain bakti dan hormat kami yang dapat kami berikan untuk para guru. Momentum ini hanya setahun sekali dan itu tidak sebanding,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah (Kepsek) MA. Assulaimaniyah, Barrurokhim mengaku kaget dengan apa yang dilakukan para siswa. Menurutnya aksi tersebut spontan dilakukan tanpa ada koordonisasi dengan guru.

“Semua disiapkan oleh para siswa dan kami juga kaget dengan aksi yang dilakukan oleh siswa tersebut. Kami berterimakasih karena siswa masih menghargai kami sebagai guru. Kami selalu berdoa agar mereka sukses dan mengharum nama baik keluarga, agama dan bangsa,” katanya.

Tinggalkan Balasan